Kamis, 21 Agustus 2008

GASTROESOPHAGEAL REFLUX DISEASE


Bila tenggorokan anda merasa tidak nyaman,rasa kering atau mengganjal,sakit menelan ,jangan buru-buru menelan obat yang tidak jelas sasarannya.Kalau selain keluhan tenggorok anda juga mengeluh gangguan pencernaan makanan atau lambung,jangan -jangan anda mengidap penyakit refluks atau membaliknya cairan lambung pada saluran nafas dan cerna bagian atas.(gastroesophageal reflux disease=GERD).
Penderita radang lambung (gastritis)menahun atau tukak lambung atau bahkan kanker lambung disarankan memeriksakan apakah lambung mengidap infeksi kuman Helicobacter pylori.
Warren dan Marshall adalah penemu kaitan kuman ini dengan tukak lambung.
Cara yang lazim adalah memeriksa jaringan hasil biopsi melalui endoskop untuk memastikan keberadaan kuman tersebut.
Cara yang sederhana adalah melakukan test nafas untuk urea(UBT=Urea Breath Test) yang aman,nyaman dan cukup akurat,tanpa melakukan pemeriksaan endoskopi.Tentu saja kepastian akibat infeksi kuman tahan asam lambung ini selayaknya ditegakkan melalui endoskopi saluran cerna bagian atas(esofagus,lambung,duodenum).
Kasus yang dilaporkan pada postingan kali ini adalah penderita gastroesophageal reflux disease dengan Urea Breath Test positif.
Setelah dilakukan endoskopi saluran cerna bagian atas didapatkan luka(ulkus) pada lambung(lihat gambar).Keberadaan kuman H.pylori dipastikan melalui biopsi.
Pengobatan dengan laser tenaga rendah membantu eradikasi kuman dalam lambung.

Tidak ada komentar: