Minggu, 15 Juni 2008

KENAPA BENGKAK DI LEHER?


Bila ada pembengkakan leher sisi kanan dan atau kiri,kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening leher akibat infeksi (virus,kuman(misal tuberkulosis),toksoplasmosis dan sebagainya).
Namun kalau pembengkakan leher tersebut disertai (antara lain )dengan gejala nyeri telinga atau telinga berdenging,kurang pendengaran,hidung tersumbat atau mimisan(perdarahan dari hidung),penglihatan ganda,segeralah berkonsultasi pada dokter ahli THT.

Kenapa dokter THT?

Karena kemungkinan ada masalah pada rongga nasofaring,berupa tumor yang harus dipastikan ganas atau tidak dengan pemeriksaan endoskopi,kalau perlu dengan biopsi.

6 komentar:

suhada mengatakan...

Salam kenal,

Istri saya hamil 2 bulan, kira2 seminggu yg lalu, di leher sebelah kirinya ada pembengkakan yg sekarang cukup besar....dan disertai dgn badan terasa panas di bagian kepala sampai punggung saja...

apakah gejala tsb merupakan pembengkakan kelenjar getah bening ?

kalo iya bagaimana solusinya ?

terima kasih

hamung mengatakan...

wah iya nih pak saya juga lg bengkak di leher,sebelumnya disekitar nya ada spt luka,tp dah sembuh, e sekarang disebelahnya bengkak,obat alaminya apa ya pak

Unknown mengatakan...

Saya mengalami seperti yg dialami oleh istri Pak Suhada, Bolehkah sy tahu solusinya?
Terima Kasih

dhewi imoet mengatakan...

salam kenal....
pak saya mau tanya ma2 saya mengalami pembengkakan dileher sebelah kanan terus kadang2 bahunya berdenyut,hasil pemeriksaan doktr katanya tumor regio
apakah hrs oprasi atw ad gak obat lain??apakah berbahaya??

dhewi imoet mengatakan...

salam kenal ......
pak saya mau bertanya..
ma2 saya leher sebelah kanannya mengalami pembengkakan pundak nya pun terkadang nyeri hasil periksa dikatakn kena tumor regio,apakah hrs oprasi ada gak obat yg lain???apakah itu berbahaya???

Unknown mengatakan...

bagaimana jikalau lelaki yg mengalami pembengkakan di sebelah kanan?