Kamis, 17 April 2014

KENAPA HIDUNG DITUTUP BALON MERAH?



Hidung adalah bagian tubuh  yang memiliki peran penting baik dari  segi anatomi,fungsional dan lokasi yang begitu sentral di wilayah muka atau wajah seseorang.
Gambar pertama diatas menunjukkan betapa penting peran hidung dalam proses berkomunikasi bahkan bisa dikatakan sebagai " landmark" seseorang yang mempunyai nilai estetika yang tinggi.
Orang akan segera tertarik perhatiannya  pada seseorang yang memiliki bentuk hidung yang aneh atau kurang sempurna sehingga penderita  besar kemungkinan akan  rela menjalani operasi plastik atau estetik untuk membuat bentuk hidungnya menjadi sempurna dan  indah.
Foto  kedua  menggambarkan peran fungsional hidung sebagai alat  yang bisa mengalami gangguan penciuman ("anosmia") yang  disebabkan (antara lain) oleh adanya polip hidung. Pada kasus ini adanya polip pada rongga hidung (hanya) dapat diketahui dan dipastikan melalui pemeriksaan endoskopi lubang hidung.(endoskopi nasal atau rhinoskopi,baik dengan endoskop lentur ("fiberscope") ataupun endoskop kaku ("rigid endoscope").
Selanjutnya polip dapat ditanggulangi dengan pembedahan minimal invasif melalui "endoscope".

Tidak ada komentar: